APA ITU DEVIATION FOREX

 APA ITU DEVIATION FOREX

APA ITU DEVIATION FOREX
Halo, para Trader. Kali ini saya mau berceritera berkenaan perilaku transaksi trading saya di saat lampau. Wkt ketika saya masih berstatus newbie (meskipun waktu ini belum bisa dikatakan expert) di dunia trading mata uang asing yang penuh dgn gelora ini.

APA ITU DEVIATION FOREX
Penulis mengenal valuta asing di thn 2005. 
Saya menghabiskan wkt mendidik berjenis-jenis macam teknik studi dengan trading dalam waktu lbh kurang setahun. Saya tidak concern walaupun saat itu penulis masih berstatus bagaikan tenaga penjual di sebuah makelar berjangka. Untuk saya, yg berpengaruh belajar dulu. Cari pelanggan belakangan saja. Toh masa itu penulis tak digaji, hanya memperoleh komisi dari jual/beli pengguna saya, itu pun kalo penulis sukses memperoleh nasabah.

Dapat ditebak, perilaku itu berbuah nasehat & nasehat panjang lebar dari supervisor saya dulu. Beliau pun semakin pasti bila ia salah merekrut orang. Tetapi beliau rupanya melihat probabilitas lain pada diri saya, sehingga akhirnya pada tahun 2008 beliau menganjurkan penulis utk berubah staf market analyst di penghubung penjual tersebut. But that’s another story.

Tahun 2006, saya memberanikan diri bagi transaksi trading dengan modal patungan bersama tiga orang teman. Di beberapa bulan nomor satu saya trading beneran account, saya mengira performa transaksi trading saya “luar biasa”. Mengapa? Di tiga bln pertama, saya sukses membukukan cuan berturut-turut kurang lebih 30% dari modal awal. Walau sudah dibagi empat, selaku fresh graduate kala itu perolehan sebesar itu cuman besar bakal saya.

APA ITU DEVIATION FOREX
Kepercayaan diri penulis bertambah, sampai-sampai berat jumawa. 
Penulis merasa udah berada di puncak dunia. Bayangkan, dlm 3 Tiga Puluh hari transaksi trading itu penulis tidak sempat sekalipun memperbuat cut-loss. Catat ya: TIDAK PERNAH. Itu artinya 100% dari transaksi yg penulis lakukan dalam tiga 31 hari tersebut membuahkan profit.

Nahas, di 30 hari ke-4 saya nggak dapat mempertahankan prestasi. Floating loss berlarut-larut sampai akhirnya saya menyatakan diri nggak dapat lagi mengelola kapital kami. Untungnya sempat profit, shg jika ditotal loss kami “hanya” kira-kira 50% dari modal awal (bandingkan dgn kebanyakan trader yg harus hingga tersentuh margin call).

Masa itu saya menarik kesimpulan keterampilan yang saya peroleh kurang lengkap. Namun nyatanya kesalahan penulis lebih dari itu. Kesalahan pokok penulis adalah pola pikir yg salah & prosedur berlatih yang tidak tepat.

Sebagaimana kebanyakan pemain pemula, wkt itu saya terlalu fokus utk mendapatkan hasil yang cepat & – puguh saja – banyak. Wkt itu mata uang digambarkan sbg salah satu bentuk pencaharian yg menyodorkan hasil akhir yg cepat. Terlebih mungkin sampai wkt ini pun pola pikir massa masih dengan berhubungan forex.

APA ITU DEVIATION FOREX

 APA ITU DEVIATION FOREX

Betul bahwa pergerakan nilai mata uang jauh lbh volatile dibandingkan dgn saham.
Misalnya, shg potensi yang tercipta emang jauh lbh besar. Di sinilah “racun”-nya. Ambisi untuk menemukan keuntungan yg besar dlm waktu nggak lama kadang-kadang menghasilkan seorang pemain membuka transaksi yang terlalu besar. Padahal di balik kesempatan cuan yg gede itu tersimpan pula bahaya yang enggak kalah besarnya. Itulah sebabnya mengapa sangat disarankan untuk memagari ancaman lewat pengaturan pemanfaatan kapital yg tepat (mengatur total lot) dengan pembatasan bahaya yg sesuai (manajemen resiko). Sayangnya, keinginan bagi menemukan laba dgn cepat membuat byk pemain melupakan problem yang sangat mendasar dalam trading ini.

Itu juga “dosa” yg saya lakukan dulu. Dalam pikiran penulis sekadar ada “untung, untung beserta untung”. Seperti yang saya sampaikan di atas, dlm tiga bulan nomor satu pengetahuan transaksi trading saya tak pernah memperbuat cut-loss sekalipun. Tidak sempat memagari resiko dengan hentikan loss. Padahal enggak ada seorang pun yg sanggup tahu persis ke mana harga mau bergerak. Artinya, kita bisa mendapatkan loss bila saja. Antisipasi hendak keadaan tsb yakni manajemen resiko, yang banyak dilupakan trader.

APA ITU DEVIATION FOREX
Selain mindset, banyak juga pemain yang melewati sistem pembelajaran transaksi trading forex yg benar. 
Kebanyakan mau spontan bisa menjalani transaksi trading dgn metode alias arahan yang siap pakai. Itu pun dulu ialah dosa saya.

Saya dulu terlalu byk menghabiskan wkt untuk mengajarkan berbagai rupa teknik atau tips-tips transaksi trading minus meluangkan cukup waktu bagi mengajarkan dasar-dasar trading. Saya sampai-sampai baru memahami ide panduan trend sesudah dua tahun terjun ke dunia trading, yang sialnya baru saya ketahui selepas sempat “terjungkal”. Bayangkan, ada pemain yg berani trading terlebih sebelum ia mengerti apa itu trend yg yakni “nyawa” dari pergerakan harga.

Saya sewaktu-waktu menganalogikan belajar trading valuta asing seperti mendidik beladiri. Nggak mungkin ada seorang karateka yang spon-tan menyandang sabuk hitam nggak pake lewat sistem berlatih yg panjang mulai dari sabuk putih, kuning & seterusnya, kecuali k'lo ia adalah orang primer yg diangkat bagaikan anggota kehormatan perguruan tertentu.

APA ITU DEVIATION FOREX
Belajar trading pun demikian. 
Seseorang seyogianya mendidik ilmu tentang transaksi trading dari mula yg kompeten beserta dgn petunjuk yang benar juga. Pelajarilah dasar-dasar trading terlebih dahulu, merupakan trend, tahanan bawah bersama resistance. Selepas jurangan menguasai ketiga elemen tersebut, barulah bro/sis sanggup melanjutkan ke materi lain serupa indikator teknikal, design value (price pattern) bersama lain-lain.

Kebanyakan kekeliruan yg dilakukan pemain adalah jitu “loncat” ke strategi alias tutorial trading. Padahal untuk dpt mengetahui pd situasi sebagaimana apa sebuah prosedur transaksi trading bisa dipergunakan atau tidak, kita butuh mengartikan apa yg berubah pijakan manual transaksi trading tersebut. Nah, bagi mengetahui asas manual transaksi trading tersebut, pengen enggak kepingin kita kudu memahami dulu dasar-dasar trading.

 APA ITU DEVIATION FOREX

APA ITU DEVIATION FOREX

APA ITU DEVIATION FOREX

LihatTutupKomentar