BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX

 BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX

BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX
Halo, para Trader. Kali ini saya akan berceritera berkaitan perilaku trading penulis di waktu lampau. Saat tatkala penulis masih berstatus newbie (meskipun masa ini belum bisa dikatakan expert) di dunia transaksi trading mata uang asing yang penuh dengan gelora ini.

BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX
Saya bertemu mata uang asing di tahun 2005. 
Penulis menghabiskan wkt memahirkan beraneka rupa variasi teknik ulasan & trading dalam wkt lbh kurang setahun. Penulis enggak peduli walaupun waktu itu penulis masih berstatus sbg tenaga marketing di sebuah penghubung pedagang berjangka. Untuk saya, yg bermanfaat berlatih dulu. Cari nasabah belakangan saja. Toh masa itu saya enggak digaji, cukup memperoleh komisi dari transaksi pengguna saya, itu pun bila penulis sukses memperoleh nasabah.

Dpt ditebak, perilaku itu berbuah ceramah dan nasihat panjang lebar dari supervisor penulis dulu. Beliau pun makin lama bersungguh-sungguh kalau ia salah merekrut orang. Tapi beliau rupanya memandang kesempatan lain pada diri saya, shg akhirnya pd tahun 2008 beliau merekomendasikan penulis untuk menjelma staf pasar analyst di pialang tersebut. But that’s another story.

Thn 2006, penulis memberanikan diri bagi trading dgn kapital patungan bersama 3 orang teman. Di beberapa 31 hari pertama saya trading beneran account, saya berpendapat performa trading penulis “luar biasa”. Mengapa? Di 3 bulan pertama, saya sukses membukukan profit berturut-turut lebih kurang 30% dari modal awal. Walaupun udah dibagi empat, bagaikan fresh graduate kala itu perolehan sebesar itu hanya gede untuk saya.

BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX
Kepercayaan diri penulis bertambah, malahan cenderung jumawa. 
Saya merasa udah berada di puncak dunia. Bayangkan, dalam tiga bulanan transaksi trading itu saya nggak sudah sekalipun memperbuat cut-loss. Catat ya: TIDAK PERNAH. Itu artinya 100% dari transaksi yang penulis lakukan dlm tiga bln tersebut membuahkan profit.

Nahas, di bln ke-4 saya enggak mampu mempertahankan prestasi. Floating loss berlarut-larut sampai akhirnya penulis mendeklarasikan diri tidak bisa lagi mengelola modal kami. Untungnya sempat profit, sehingga jika ditotal tekor kami “hanya” kira-kira 50% dari kapital awal (bandingkan dengan kebanyakan trader yg kudu hingga tertimpa margin call).

Masa itu saya menarik kesimpulan keterampilan yang saya peroleh kurang lengkap. Tapi nyatanya kekeliruan penulis extra dari itu. Kesalahan primer saya yaitu pola pikir yg salah serta metode belajar yang nggak tepat.

Semacam kebanyakan trader pemula, masa itu saya sangat pokok utk menemukan hasil akhir yg cepat serta – tentu saja – banyak. Waktu itu mata uang asing digambarkan selaku salah satu rupa penghidupan yang menawarkan hasil yang cepat. Bahkan mungkin sampai masa ini pun pola pikir massa masih sama tentang forex.

BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX

 BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX

Betul bahwa pergerakan price mata uang jauh lbh volatile dibandingkan dgn saham.
Misalnya, shg peluang yg tercipta kenyataannya jauh extra besar. Di sinilah “racun”-nya. Ambisi utk menemukan untung yg gede dlm waktu nggak lama terkadang menghasilkan seorang pemain membuka jual/beli yang sangat besar. Padahal di balik prospek laba yang gede itu tersimpan pula ancaman yg nggak kalah besarnya. Itulah sebabnya mengapa sangat direkomendasikan untuk mematok bahaya memakai pengaturan pendayagunaan kapital yang tepat (mengatur jumlah lot) dan pembatasan resiko yang pantas (manajemen resiko). Sayangnya, keinginan bakal menemukan profit dgn cepat membuat byk pemain melupakan perihal yg sangat mendasar dlm transaksi trading ini.

Itu juga “dosa” yg penulis lakukan dulu. Dalam perasaan saya cukup ada “untung, untung serta untung”. Semacam yang saya sampaikan di atas, dlm 3 bln pertama experiance transaksi trading penulis tidak pernah menjalankan cut-loss sekalipun. Enggak pernah mengekang rawan dgn stop loss. Padahal nggak ada seorang pun yg dapat tahu persis ke mana value hendak bergerak. Artinya, kita mampu mendapatkan kerugian bilamana saja. Antisipasi mau perihal tsb ialah manajemen resiko, yang banyak dilupakan trader.

BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX
Selain mindset, banyak juga trader yg melewati sistem pembelajaran transaksi trading foreign exchange yang benar. 
Kebanyakan mau telak mampu mengerjakan transaksi trading dengan prosedur dgn kata lain cara yang siap pakai. Itu pun dulu yaitu dosa saya.

Penulis dulu betul-betul banyak menghabiskan waktu bagi mengajarkan berbagai ragam kaidah atau strategi transaksi trading tidak perlu meluangkan cuma masa untuk mendidik dasar-dasar trading. Saya bahkan baru memahami sketsa permulaan trend selepas 2 tahun terjun ke dunia trading, yang sialnya baru penulis kenali setelah sempat “terjungkal”. Bayangkan, ada pemain yang berani transaksi trading malahan sebelum ia mengerti apa itu trend yang yaitu “nyawa” dari pergerakan harga.

Saya sesekali menganalogikan berlatih transaksi trading valuta asing seperti membimbing beladiri. Tak mungkin ada seorang karateka yang kontan menyandang sabuk hitam nggak pake lewat proses berlatih yang panjang mulai dari sabuk putih, kuning beserta seterusnya, kecuali kalo ia adalah orang krusial yg diangkat selaku anggota kehormatan perguruan tertentu.

BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX
Belajar trading pun demikian. 
Seseorang selaiknya mengajarkan ilmu berhubungan trading dari mula yg kompeten & dgn prosedur yg benar juga. Pelajarilah dasar-dasar transaksi trading terlebih dahulu, merupakan trend, support beserta resistance. Selesai agan menguasai ketiga elemen tersebut, barulah kamu dapat melanjutkan ke materi lain semacam indikator teknikal, tipe harga (price pattern) beserta lain-lain.

Kebanyakan kesalahan yang dilakukan trader yakni kontan “loncat” ke kaidah dengan kata lain pola trading. Padahal buat mampu mengerti pada kondisi sebagaimana apa sebuah petunjuk trading bisa dipergunakan atau tidak, kita butuh mengetahui apa yg berubah aturan tata cara trading tersebut. Nah, bakal menginterpretasikan fundamen tips transaksi trading tersebut, hendak enggak mau kita usah mengerti dulu dasar-dasar trading.

 BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX

BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX

BELAJAR TRADING DI MASTERFOREX

LihatTutupKomentar