FOREX HALAL INDONESIA

 FOREX HALAL INDONESIA

FOREX HALAL INDONESIA
Halo, para Trader. Kali ini saya akan berceritera berkaitan perilaku transaksi trading penulis di saat lampau. Saat saat penulis masih berstatus newbie (meskipun waktu ini blm dpt dikatakan expert) di dunia transaksi trading mata uang asing yang penuh dgn gelora ini.

FOREX HALAL INDONESIA
Saya mengenal mata uang di tahun 2005. 
Saya menghabiskan waktu membimbing berbagai rupa teknik studi & trading dalam wkt lebih kurang setahun. Saya tidak care walaupun saat itu penulis masih berstatus selaku tenaga sales di sebuah calo berjangka. Untuk saya, yang bernilai berlatih dulu. Cari pelanggan belakangan saja. Toh masa itu penulis tidak digaji, hanya menerima komisi dari jual/beli klien saya, itu pun bila penulis berhasil memperoleh nasabah.

Dapat ditebak, perilaku itu berbuah nasehat bersama ceramah panjang lebar dari supervisor penulis dulu. Beliau pun semakin benar-benar percaya k'lo ia salah merekrut orang. Tetapi beliau rupanya memandang potensi lain pada diri saya, shg akhirnya pada tahun 2008 beliau merekomendasikan penulis bakal menjadi staf pasar analyst di calo tersebut. But that’s another story.

Tahun 2006, penulis memberanikan diri bagi trading dgn modal patungan bersama 3 orang teman. Di tdk semua bln pertama saya trading real account, saya memandang performa transaksi trading penulis “luar biasa”. Mengapa? Di tiga bulanan pertama, saya sukses membukukan untung berturut-turut kira-kira 30% dari modal awal. Walaupun sudah dibagi empat, bagaikan fresh graduate kala itu perolehan sebesar itu cuma besar bakal saya.

FOREX HALAL INDONESIA
Kepercayaan diri saya bertambah, bahkan cenderung jumawa. 
Penulis merasa sudah berada di puncak dunia. Bayangkan, dalam 3 bln transaksi trading itu saya nggak pernah sekalipun menjalani cut-loss. Catat ya: TIDAK PERNAH. Itu artinya 100% dari transaksi yg penulis lakukan dlm 3 bln tersebut membuahkan profit.

Nahas, di Tiga Puluh hari ke-4 saya nggak dapat mempertahankan prestasi. Floating loss berlarut-larut hingga akhirnya saya menerangkan diri enggak sanggup lagi mengelola kapital kami. Untungnya sempat profit, shg kalau ditotal loss kami “hanya” sekitar 50% dari kapital awal (bandingkan dengan kebanyakan pemain yg usah sampai terkena margin call).

Waktu itu saya menarik kesimpulan ilmu yg penulis peroleh kurang lengkap. Tapi nyatanya kesalahan penulis lebih dari itu. Kesalahan utama saya adalah pola pikir yang salah serta cara berlatih yang enggak tepat.

Sebagaimana kebanyakan trader pemula, masa itu penulis amat sumber bagi menerima hasil akhir yang cepat & – tentu saja – banyak. Wkt itu mata uang asing digambarkan bagaikan salah satu tipe pekerjaan yang menyodorkan hasil akhir yang cepat. Sampai-Sampai mungkin hingga masa ini pun pola pikir masyarakat masih sama mengenai forex.

FOREX HALAL INDONESIA

 FOREX HALAL INDONESIA

Betul bahwa pergerakan value currency jauh extra volatile dibandingkan dengan saham.
Misalnya, sehingga kesempatan yang tercipta emang jauh extra besar. Di sinilah “racun”-nya. Ambisi bagi menerima laba yg gede dalam waktu nggak lama terkadang membuat seorang trader membuka transaksi yang amat besar. Padahal di balik peluang laba yg besar itu tersimpan pula resiko yang tidak kalah besarnya. Itulah sebabnya mengapa sangat dianjurkan bagi membendung resiko menggunakan pengaturan penerapan modal yg tepat (mengatur jumlah lot) dan pembatasan resiko yang bertimbal (manajemen resiko). Sayangnya, keinginan buat mendapatkan keuntungan dgn cepat membuat byk pemain melupakan problem yg sangat mendasar dlm transaksi trading ini.

Itu juga “dosa” yg saya lakukan dulu. Dlm anggapan saya cuma ada “untung, untung serta untung”. Serupa yang penulis sampaikan di atas, dlm tiga bulan pertama experiance transaksi trading penulis nggak sudah mengerjakan cut-loss sekalipun. Nggak sempat membelenggu resiko dengan stop loss. Padahal tidak ada seorang pun yg sanggup tahu persis ke mana nilai bakal bergerak. Artinya, kita mampu mendapatkan kerugian bilamana saja. Antisipasi akan urusan tsb ialah manajemen resiko, yg byk dilupakan trader.

FOREX HALAL INDONESIA
Selain mindset, byk juga pemain yg melewati prosedur pembelajaran trading valuta asing yang benar. 
Kebanyakan hendak spon-tan dpt melaksanakan transaksi trading dgn proses dengan kata lain langkah yg siap pakai. Itu pun dulu merupakan dosa saya.

Saya dulu kelewat byk menghabiskan waktu untuk mengarahkan berbagai aneka tips alias metode trading nggak usah meluangkan sekadar masa bagi memahirkan dasar-dasar trading. Penulis terlebih baru menafsirkan konsep permulaan trend sesudah 2 thn terjun ke dunia trading, yg sialnya baru penulis pelajari sesudah sempat “terjungkal”. Bayangkan, ada trader yg berani trading terlebih sebelum ia mengerti apa itu trend yg merupakan “nyawa” dari pergerakan harga.

Penulis kerap menganalogikan belajar transaksi trading mata uang asing seperti melatih beladiri. Nggak mungkin ada seorang karateka yg langsung menyandang sabuk hitam tidak perlu memakai sistem belajar yang panjang mulai dari sabuk putih, kuning dengan seterusnya, kecuali kalau ia merupakan orang berarti yang diangkat selaku anggota kehormatan perguruan tertentu.

FOREX HALAL INDONESIA
Belajar transaksi trading pun demikian. 
Seseorang semestinya mengajarkan keterampilan tentang transaksi trading dari mula yg kompeten dan dgn proses yg benar juga. Pelajarilah dasar-dasar trading terlebih dahulu, merupakan trend, support bersama resistance. Setelah jurangan menguasai ke 3 elemen tersebut, barulah bro/sis sanggup melanjutkan ke materi lain sebagaimana indikator teknikal, patron harga (price pattern) dengan lain-lain.

Kebanyakan kekeliruan yang dilakukan pemain yaitu spon-tan “loncat” ke proses alias strategi trading. Padahal untuk sanggup mengartikan pada keadaan seperti apa sebuah teknik trading sanggup dipergunakan dengan kata lain tidak, kita mesti mengartikan apa yang menjelma panduan cara transaksi trading tersebut. Nah, buat menafsirkan permulaan tutorial trading tersebut, pengen tak pengen kita wajib mengartikan dulu dasar-dasar trading.

 FOREX HALAL INDONESIA

FOREX HALAL INDONESIA

FOREX HALAL INDONESIA

LihatTutupKomentar