APA ITU PAIR FOREX

 APA ITU PAIR FOREX

APA ITU PAIR FOREX
Halo, para Trader. Kali ini penulis mau berceritera tentang perilaku trading penulis di wkt lampau. Waktu pada waktu saya masih berstatus newbie (meskipun waktu ini belom dapat dikatakan expert) di dunia transaksi trading valuta asing yang penuh dgn gelora ini.

APA ITU PAIR FOREX
Saya bertemu foreign exchange di tahun 2005. 
Saya menghabiskan wkt memahirkan beraneka macam macam cara analisa dan trading dalam waktu lebih kurang setahun. Saya tak care meskipun waktu itu saya masih berstatus sebagai tenaga marketing di sebuah makelar berjangka. Untuk saya, yang esensial berlatih dulu. Cari pemakai belakangan saja. Toh masa itu saya tidak digaji, sekadar menemukan komisi dari jual/beli pelanggan saya, itu pun kalo penulis berhasil memperoleh nasabah.

Mampu ditebak, perilaku itu berbuah nasihat bersama ceramah panjang lebar dari supervisor penulis dulu. Beliau pun semakin benar-benar percaya k'lo ia salah merekrut orang. Tapi beliau rupanya melihat kesempatan lain pada diri saya, sehingga akhirnya pd tahun 2008 beliau menyarankan penulis bagi menjelma staf pasar analyst di penghubung pedagang tersebut. But that’s another story.

Tahun 2006, penulis memberanikan diri buat trading dengan kapital patungan bersama 3 orang teman. Di tdk semua 31 hari pertama saya transaksi trading beneran account, penulis menganggap performa trading saya “luar biasa”. Mengapa? Di tiga bulanan pertama, saya sukses membukukan keuntungan berturut-turut kira-kira 30% dari modal awal. Walau sudah dibagi empat, sbg fresh graduate kala itu perolehan sebesar itu sekadar besar buat saya.

APA ITU PAIR FOREX
Kepercayaan diri penulis bertambah, bahkan miring jumawa. 
Saya merasa sudah berada di puncak dunia. Bayangkan, dlm 3 bulanan transaksi trading itu saya tidak tahu sekalipun melaksanakan cut-loss. Catat ya: TIDAK PERNAH. Itu artinya 100% dari jual/beli yang penulis lakukan dalam tiga bln tsb membuahkan profit.

Nahas, di bulan ke-4 saya enggak dapat mempertahankan prestasi. Floating loss berlarut-larut sampai akhirnya saya menerangkan diri tak bisa lagi mengelola modal kami. Untungnya sempat profit, shg kalau ditotal kerugian kami “hanya” kira-kira 50% dari kapital awal (bandingkan dgn kebanyakan pemain yang butuh sampai tersentuh margin call).

Masa itu penulis menarik kesimpulan ilmu yang saya peroleh kurang lengkap. Namun nyatanya kesalahan saya lbh dari itu. Kekeliruan primer penulis ialah pola pikir yang salah dengan bimbingan belajar yg tak tepat.

Serupa kebanyakan pemain pemula, waktu itu penulis amat sumber untuk menemukan otput yg cepat & – tentu saja – banyak. Wkt itu foreign exchange digambarkan selaku salah 1 model usaha yang menawarkan otput yg cepat. Lebih-Lebih mungkin sampai wkt ini pun pola pikir publik masih sama berhubungan forex.

APA ITU PAIR FOREX

 APA ITU PAIR FOREX

Betul bahwa pergerakan harga currency jauh lebih volatile dibandingkan dgn saham.
Misalnya, shg potensi yg tercipta kenyataannya jauh lebih besar. Di sinilah “racun”-nya. Ambisi utk menerima untung yg besar dalam masa tdk lama adakalanya menciptakan seorang pemain membuka jual/beli yang banget besar. Padahal di balik prospek cuan yg gede itu tersimpan pula resiko yg nggak kalah besarnya. Itulah sebabnya mengapa amat direkomendasikan bagi mengerem bahaya lewat pengaturan penggunaan modal yg tepat (mengatur nominal lot) dan pembatasan resiko yang pantas (manajemen resiko). Sayangnya, keinginan untuk menemukan profit dgn cepat menghasilkan banyak pemain melupakan ihwal yg sangat mendasar dalam transaksi trading ini.

Itu juga “dosa” yang saya lakukan dulu. Dlm bayangan penulis hyn ada “untung, laba beserta untung”. Sebagaimana yang saya sampaikan di atas, dlm tiga 31 hari nomor satu experiance transaksi trading penulis enggak pernah menjalankan cut-loss sekalipun. Tidak sempat membatasi ancaman dengan stop loss. Padahal nggak ada seorang pun yang dpt tahu persis ke mana harga hendak bergerak. Artinya, kita dapat menemukan kerugian bilamana saja. Antisipasi hendak kondisi tsb adalah manajemen resiko, yang byk dilupakan trader.

APA ITU PAIR FOREX
Selain mindset, banyak juga trader yang melewati proses pembelajaran trading mata uang asing yg benar. 
Kebanyakan pengen serta-merta dapat memperbuat transaksi trading dgn proses atau tips-tips yang siap pakai. Itu pun dulu ialah dosa saya.

Penulis dulu amat banyak menghabiskan wkt bagi melatih beraneka ragam cara alias tutorial trading tanpa meluangkan hyn waktu untuk mengarahkan dasar-dasar trading. Saya sampai-sampai baru mengerti rencana dasar trend sesudah dua thn terjun ke dunia trading, yg sialnya baru saya ketahui sesudah sempat “terjungkal”. Bayangkan, ada pemain yg berani trading terlebih sebelum ia paham apa itu trend yg yakni “nyawa” dari pergerakan harga.

Penulis sesekali menganalogikan belajar transaksi trading forex serupa mengarahkan beladiri. Tak mungkin ada seorang karateka yg tepat menyandang sabuk hitam tanpa pakai lewat sistem belajar yang panjang mulai dari sabuk putih, kuning dengan seterusnya, kecuali bila ia yakni orang berpengaruh yang diangkat selaku anggota kehormatan perguruan tertentu.

APA ITU PAIR FOREX
Berlatih transaksi trading pun demikian. 
Seseorang sepatutnya mengajarkan pengetahuan berkenaan transaksi trading dari mula yg kompeten dengan dengan prosedur yang benar juga. Pelajarilah dasar-dasar transaksi trading terlebih dahulu, merupakan trend, tahanan bawah serta resistance. Sesudah kamu menguasai ke tiga elemen tersebut, barulah bro/sis dpt melanjutkan ke materi lain serupa indikator teknikal, rupa nilai (price pattern) bersama lain-lain.

Kebanyakan kekeliruan yang dilakukan pemain ialah spon-tan “loncat” ke tips-tips atau petunjuk trading. Padahal untuk bisa mengetahui pd situasi semacam apa sebuah tata cara trading dapat dipergunakan atau tidak, kita harus mengetahui apa yg menjadi fundamen panduan transaksi trading tersebut. Nah, utk mengetahui fondasi bimbingan trading tersebut, pengen enggak ingin kita mesti mengartikan dulu dasar-dasar trading.

 APA ITU PAIR FOREX

APA ITU PAIR FOREX

APA ITU PAIR FOREX

LihatTutupKomentar