FOREX Y TRADING

 FOREX Y TRADING

FOREX Y TRADING
Halo, para Trader. Kali ini penulis akan berceritera berkaitan perilaku transaksi trading saya di saat lampau. Masa pada waktu penulis masih berstatus newbie (meskipun waktu ini blm bisa dikatakan expert) di dunia transaksi trading foreign exchange yg penuh dgn gelora ini.

FOREX Y TRADING
Penulis mengenal mata uang di tahun 2005. 
Penulis menghabiskan waktu melatih berbagai ragam macam cara ulasan dengan transaksi trading dlm wkt lbh kurang setahun. Penulis tidak peduli meskipun waktu itu saya masih berstatus sbg tenaga sales di sebuah broker berjangka. Bakal saya, yg esensial berlatih dulu. Cari klien belakangan saja. Toh masa itu penulis nggak digaji, hanya memperoleh komisi dari transaksi pelanggan saya, itu pun k'lo penulis sukses memperoleh nasabah.

Dpt ditebak, perilaku itu berbuah nasehat & nasihat panjang lebar dari supervisor saya dulu. Beliau pun semakin yakin kalo ia salah merekrut orang. Tetapi beliau rupanya menyaksikan kesempatan lain pada diri saya, shg akhirnya pada thn 2008 beliau mengusulkan saya bakal menjelma staf pasar analyst di broker tersebut. But that’s another story.

Thn 2006, penulis memberanikan diri bakal trading dgn modal patungan bersama tiga orang teman. Di nggak semua bulan nomor satu penulis transaksi trading beneran account, penulis memikir performa transaksi trading penulis “luar biasa”. Mengapa? Di tiga bulanan pertama, saya sukses membukukan keuntungan berturut-turut lebih kurang 30% dari modal awal. Walau sudah dibagi empat, bagaikan fresh graduate kala itu perolehan sebesar itu cukup besar bakal saya.

FOREX Y TRADING
Kepercayaan diri saya bertambah, terlebih cenderung jumawa. 
Saya merasa sudah berada di puncak dunia. Bayangkan, dlm 3 bulan transaksi trading itu saya enggak sempat sekalipun memperbuat cut-loss. Catat ya: TIDAK PERNAH. Itu artinya 100% dari transaksi yang penulis lakukan dalam 3 31 hari tsb membuahkan profit.

Nahas, di Tiga Puluh hari ke-4 penulis enggak mampu mempertahankan prestasi. Floating loss berlarut-larut sampai akhirnya saya menjelaskan diri nggak bisa lagi mengelola kapital kami. Untungnya sempat profit, shg bila ditotal kerugian kami “hanya” kurang lebih 50% dari kapital awal (bandingkan dengan kebanyakan pemain yg mesti hingga terkena margin call).

Wkt itu penulis menarik kesimpulan ilmu yang penulis peroleh kurang lengkap. Tetapi nyatanya kekeliruan saya lebih dari itu. Kesalahan primer saya merupakan pola pikir yang salah dan arahan belajar yg enggak tepat.

Sebagaimana kebanyakan trader pemula, waktu itu saya terlalu sumber buat mendapatkan hasil yang cepat dengan – tentu saja – banyak. Wkt itu mata uang digambarkan bagaikan salah satu tipe penghidupan yg menyodorkan hasil akhir yg cepat. Sampai-Sampai mungkin hingga wkt ini pun mindset massa masih dengan berhubungan forex.

FOREX Y TRADING

 FOREX Y TRADING

Betul bahwa pergerakan nilai mata uang jauh ekstra volatile dibandingkan dengan saham.
Misalnya, shg potensi yg tercipta memang jauh extra besar. Di sinilah “racun”-nya. Ambisi utk memperoleh cuan yang besar dalam wkt tidak lama kadang-kadang menghasilkan seorang pemain membuka transaksi yg sangat besar. Padahal di balik peluang profit yg besar itu tersimpan pula bahaya yg enggak kalah besarnya. Itulah sebabnya mengapa amat direkomendasikan bagi mematok ancaman menggunakan pengaturan penerapan modal yg tepat (mengatur jumlah lot) dan pembatasan resiko yg sebati (manajemen resiko). Sayangnya, keinginan buat memperoleh untung dgn cepat membuat byk pemain melupakan perihal yang sangat mendasar dalam transaksi trading ini.

Itu juga “dosa” yang saya lakukan dulu. Dalam pikiran saya sekadar ada “untung, profit & untung”. Serupa yg saya sampaikan di atas, dlm tiga bulanan pertama pengetahuan trading penulis nggak sempat mengerjakan cut-loss sekalipun. Tak tahu membelenggu rawan dgn stop loss. Padahal enggak ada seorang pun yang dapat tahu persis ke mana value mau bergerak. Artinya, kita mampu memperoleh tekor bila saja. Antisipasi mau hal tersebut merupakan manajemen resiko, yang banyak dilupakan trader.

FOREX Y TRADING
Selain mindset, byk juga pemain yg melewati proses pembelajaran transaksi trading foreign exchange yg benar. 
Kebanyakan hendak langsung bisa melaksanakan transaksi trading dgn tips-tips atau sistem yang siap pakai. Itu pun dulu adalah dosa saya.

Saya dulu terlampau byk menghabiskan waktu untuk mengarahkan berbagai ragam teknik atau tips-tips trading minus meluangkan cukup waktu bakal mengajarkan dasar-dasar trading. Penulis malahan baru mengetahui konsep landasan trend setelah dua tahun terjun ke dunia trading, yang sialnya baru penulis kenali selepas sempat “terjungkal”. Bayangkan, ada trader yg berani transaksi trading sampai-sampai sebelum ia paham apa itu trend yang ialah “nyawa” dari pergerakan harga.

Penulis terkadang menganalogikan belajar transaksi trading mata uang semacam mendidik beladiri. Tidak mungkin ada seorang karateka yang langsung menyandang sabuk hitam tanpa melalui teknik belajar yang panjang mulai dari sabuk putih, kuning beserta seterusnya, kecuali kalo ia ialah orang esensial yang diangkat sebagai anggota kehormatan perguruan tertentu.

FOREX Y TRADING
Berlatih transaksi trading pun demikian. 
Seseorang selayaknya memahirkan ilmu berkaitan transaksi trading dari pangkal yg kompeten dengan dgn panduan yg benar juga. Pelajarilah dasar-dasar transaksi trading terlebih dahulu, merupakan trend, support bersama resistance. Setelah agan menguasai ke tiga elemen tersebut, barulah jurangan dapat melanjutkan ke materi lain semacam indikator teknikal, model price (price pattern) dan lain-lain.

Kebanyakan kesalahan yg dilakukan pemain ialah spon-tan “loncat” ke tutorial alias teknik trading. Padahal utk mampu menafsirkan pada status semacam apa sebuah aturan transaksi trading dpt dipergunakan alias tidak, kita usah mengerti apa yg berubah aturan arahan transaksi trading tersebut. Nah, buat mengerti pegangan aneka tips transaksi trading tersebut, mau enggak ingin kita mesti memahami dulu dasar-dasar trading.

 FOREX Y TRADING

FOREX Y TRADING

FOREX Y TRADING

LihatTutupKomentar