BELAJAR FOREX BEGINNER

 BELAJAR FOREX BEGINNER

BELAJAR FOREX BEGINNER
Halo, para Trader. Kali ini saya mau berceritera berkenaan perilaku trading saya di saat lampau. Masa kala penulis masih berstatus newbie (meskipun masa ini belom mampu dikatakan expert) di dunia trading valuta asing yg penuh dgn gelora ini.

BELAJAR FOREX BEGINNER
Penulis bertemu mata uang asing di thn 2005. 
Penulis menghabiskan wkt mengarahkan bervariasi rupa teknik studi & transaksi trading dalam waktu lbh kurang setahun. Saya nggak concern meskipun waktu itu saya masih berstatus selaku tenaga sales di sebuah calo berjangka. Bakal saya, yang bermakna berlatih dulu. Cari klien belakangan saja. Toh waktu itu saya nggak digaji, cukup menemukan komisi dari jual/beli client saya, itu pun kalau saya sukses memperoleh nasabah.

Mampu ditebak, perilaku itu berbuah nasehat & nasehat panjang lebar dari supervisor penulis dulu. Beliau pun lama kelamaan bersungguh-sungguh kalo ia salah merekrut orang. Tapi beliau rupanya melihat prospek lain pd diri saya, sehingga akhirnya pd thn 2008 beliau menyarankan penulis utk menjelma staf pasar analyst di makelar tersebut. But that’s another story.

Thn 2006, penulis memberanikan diri buat trading dgn kapital patungan bersama 3 orang teman. Di nggak semua Tiga Puluh hari pertama saya transaksi trading beneran account, penulis mereken performa transaksi trading penulis “luar biasa”. Mengapa? Di tiga bulan pertama, saya berhasil membukukan keuntungan berturut-turut berkisar 30% dari kapital awal. Walaupun sudah dibagi empat, sebagai fresh graduate kala itu perolehan sebesar itu semata-mata besar utk saya.

BELAJAR FOREX BEGINNER
Kepercayaan diri saya bertambah, terlebih condong jumawa. 
Saya merasa sudah berada di puncak dunia. Bayangkan, dalam 3 bulan transaksi trading itu penulis enggak pernah sekalipun menjalankan cut-loss. Catat ya: TIDAK PERNAH. Itu artinya 100% dari jual/beli yang penulis lakukan dlm tiga 31 hari tersebut membuahkan profit.

Nahas, di 31 hari ke-4 saya enggak dapat mempertahankan prestasi. Floating loss berlarut-larut hingga akhirnya penulis menerangkan diri tidak bisa lagi mengelola kapital kami. Untungnya sempat profit, shg kalo ditotal kerugian kami “hanya” lebih kurang 50% dari kapital awal (bandingkan dgn kebanyakan pemain yang harus hingga terkena margin call).

Waktu itu saya menarik kesimpulan sains yang penulis peroleh kurang lengkap. Namun ternyata kekeliruan penulis extra dari itu. Kesalahan pokok saya ialah pola pikir yg salah beserta petunjuk berlatih yang nggak tepat.

Serupa kebanyakan trader pemula, wkt itu saya berlebihan pokok untuk menemukan hasil akhir yg cepat serta – puguh saja – banyak. Waktu itu mata uang asing digambarkan bagaikan salah satu rupa penghidupan yg menyodorkan hasil akhir yang cepat. Sampai-Sampai mungkin sampai masa ini pun mindset masyarakat masih sama tentang forex.

BELAJAR FOREX BEGINNER

 BELAJAR FOREX BEGINNER

Betul bahwa pergerakan harga mata uang jauh lebih volatile dibandingkan dgn saham.
Misalnya, shg peluang yang tercipta emang jauh lebih besar. Di sinilah “racun”-nya. Ambisi untuk menerima cuan yg gede dlm wkt sebentar terkadang membuat seorang trader membuka jual/beli yang berlebihan besar. Padahal di balik peluang keuntungan yg besar itu tersimpan pula resiko yg tidak kalah besarnya. Itulah sebabnya mengapa amat disarankan buat membelenggu resiko memakai pengaturan penggunaan modal yg tepat (mengatur total lot) beserta pembatasan resiko yg setakar (manajemen resiko). Sayangnya, keinginan bakal memperoleh keuntungan dgn cepat menghasilkan banyak trader melupakan hal yang sangat mendasar dalam transaksi trading ini.

Itu juga “dosa” yg saya lakukan dulu. Dlm pendapat penulis cuman ada “untung, keuntungan beserta untung”. Serupa yang penulis sampaikan di atas, dalam tiga 31 hari pertama pengetahuan trading penulis enggak sudah melakukan cut-loss sekalipun. Tidak sudah mengekang bahaya dengan hentikan loss. Padahal enggak ada seorang pun yg dpt tahu persis ke mana value mau bergerak. Artinya, kita bisa mendapatkan kerugian bilamana saja. Antisipasi akan problem tsb merupakan manajemen resiko, yg banyak dilupakan trader.

BELAJAR FOREX BEGINNER
Selain mindset, banyak juga pemain yg melewati operasi pembelajaran trading mata uang asing yang benar. 
Kebanyakan kepingin jitu mampu melakukan transaksi trading dengan teknik atau petunjuk yang siap pakai. Itu pun dulu merupakan dosa saya.

Penulis dulu terlalu banyak menghabiskan masa bakal melatih beragam pola dgn kata lain teknik transaksi trading tanpa pakai meluangkan cukup wkt untuk mengarahkan dasar-dasar trading. Penulis bahkan baru mengartikan draf tumpuan trend selepas 2 thn terjun ke dunia trading, yg sialnya baru saya kenali selepas sempat “terjungkal”. Bayangkan, ada pemain yang berani transaksi trading terlebih sebelum ia mengerti apa itu trend yg yakni “nyawa” dari pergerakan harga.

Saya sekali waktu menganalogikan belajar trading forex semacam melatih beladiri. Enggak mungkin ada seorang karateka yang kontan menyandang sabuk hitam tanpa pakai lewat operasi berlatih yg panjang mulai dari sabuk putih, kuning bersama seterusnya, kecuali jika ia yaitu orang utama yg diangkat sebagai anggota kehormatan perguruan tertentu.

BELAJAR FOREX BEGINNER
Berlatih transaksi trading pun demikian. 
Seseorang sepatutnya mengajarkan pengetahuan berkenaan transaksi trading dari pangkal yang kompeten dan dengan tips yang benar juga. Pelajarilah dasar-dasar trading terlebih dahulu, merupakan trend, tahanan bawah bersama resistance. Selepas anda menguasai ke 3 elemen tersebut, barulah pembaca dpt melanjutkan ke materi lain serupa indikator teknikal, skema price (price pattern) bersama lain-lain.

Kebanyakan kekeliruan yang dilakukan trader merupakan jitu “loncat” ke tips-tips dgn kata lain tips-tips trading. Padahal utk sanggup mengetahui pada keadaan semacam apa sebuah metode transaksi trading dpt dipergunakan alias tidak, kita harus menafsirkan apa yg berubah asas sistem transaksi trading tersebut. Nah, buat mengetahui pilar arahan trading tersebut, ingin enggak hendak kita wajib mengerti dulu dasar-dasar trading.

 BELAJAR FOREX BEGINNER

BELAJAR FOREX BEGINNER

BELAJAR FOREX BEGINNER

LihatTutupKomentar